12 Juli 2009

Rekor-Rekor yang Dimiliki Indonesia

Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air Indonesia, namun ada ratusan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia. Karena sampai saat ini beberapa rekor tersebut belum mampu ada yang memecahkan rekor Indonesia tersebut. Berikut di antaranya.

1. Merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Yang terdiri dari 17.504 pulau.
2. Ada 3 pulau Indonesia yang termasuk 6 pulau terbesar dunia. Yaitu Pulau Kalimantan (terbesar kedua di dunia), Pulau Papiua, dan Sumatera.
3. Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia.
4. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia. Sekitar 130 juta jiwa tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% negara Indonesia.
5. Negara dengan suku bangsa terbesar di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
6. Negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Yaitu 583 bahasa dari 67 dialek bahasa induk yang digunakan.
7. Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Sekitar 216 juta jiwa telah memeluk agama islam. Itu berarti 88%.
8. Candi Buddha terbesar di dunia adalah Candi Borobudur yang terletak di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter dan panjang relief lebih 1 km.
9. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu Pithecantropus erectus, yang diperkirakan 1,8 juta tahun lalu.
10. Negara yang pertama lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia ke-2 pada tahun 1945 dan merupakan negara ke-70 yang tertua di dunia.
11. Negara pertama dan satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB pada tahun 1965. Republik Indonesia bergabung kembali pada tahun 1966.
12. Tim bulutangkis pria Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi Thomas Cup. Yaitu 13 kali.
13. Terumbu Karang Indonesia aadalah yang terkaya di dunia, meliputi 18% terumbu karang dunia.
14. Rafflesia arnoldi adalah bunga terbesar di dunia. Yang hanya tumbuh di Sumatera.
15. Ikan terkecil dii dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa lumpur Sumatera, Panjang 7,9 mm ketika dewasa. Atau kurang lebih sebesat nyamuk. Tubuh ikan ini transparan.

0 komentar:

Posting Komentar