12 Juli 2009

Sadarkah kalian, Bangsa kita menjadi Contoh Panutan bagi Dunia?

Dunia sedang bergejolak baik dari segi ekonomi maupun sosial politik, krisis ekonomi global yang sebenarnya hanya terjadi di amerika berdampak pada negara-negara yang bergantung kepada ekonomi liberalnya. Kepercayaan antar bangsa dan umat beragama dunia mendekati titik krisis perbedaan yang sering dipandang sebagai sikap untuk saling menjatuhkan

Kemudian dimana letak indonesia??? Apa kita merasakan itu semua??

Secara garis besar kita tidak terpengaruh dengan keadaan yang terjadi di dunia saat ini, ekonomi kita terbilang stabil bahkan indonesia disebut-sebut sebagai negara yang bisa melewati krisis global lebih cepat dari negara lainnya. Karena ekonomi kita yang masih bisa mengandalkan pasar dalam negeri yang cukup besar. Ditambah kekuatan perbankan saat ini yang mulai beralih ke syariah,sistem yang sudah dianut oleh beberapa bank di Inggris dan menjadi sebuah sistem yang tidak mudah goyah karena krisis global seperti sekarang.


Lalu bagaimana dengan krisis kepercayaan akan demokrasi?

Amerika serikat yang selalu menggaungkan dirinya sebagai negara dengan sistem demokrasi terbaik ternyata dipandang sebagai negara yang lain dimulut lain ditindakan,semua palsu. Sedangkan Indonesia yang hampir 11 tahun melewati masa reformasi mulai mencicipi demokrasi yang indah, semua bisa dilihat dari pemilu yang secara umum baik,terlepas dari kekurangan hal teknis namun semua itu jauh berbeda dengan pemilu semasa ordebaru, dimana sebelum mencoblos pemenangnya sudah ada.

Apakah Indonesia terlepas dari isu perbedaan agama????

Setelah kejadian 11 semptember pemerintahan Amerika serikat yang seakan "membenci" islam,menjadi batu sandungan antara umat beragama, terutama islam dan kristiani. Pernyerangan israel yang tidak ada habisnya terhadap bangsa palestina juga menjadikan isu agama menjadi yang terdepan sebagai pemicunya. Sedangkan di Indonesia seperti apa?? Poso sebagai patokan kasus perbedaan agama yang sempat memecah hub antara umat islam dan kristiani saat ini sudah terselesaikan. Keadaan yang kondusif di sana menjadi barometer keberhasilan bangsa ini dalam mengatasi krisis perbedaan bergama.

Dilihat dari itu semua, Indonesia merupakan sedikit negara yang tidak merasakan dampak krisis global secara luas dalam segi apapun . Kebijakan presiden Amerika barack obama yang ingin mencari persamaan,saling mengahargai dan menghormati di antara umat beragama di dunia membuat bangsa ini menjadi contoh nyata dari segala kebijakannya itu, Seperti di kutip dari kompas.com(5/6) obama beberapa kali menceritakan dihadapan masyarakat muslim di kairo,mesir bagaimaa masa kecilnya dilewati di negara yang memilik rasa saling menghormati antar umat beragama yang tinggi

"Saya penganut Kristen. Tapi, ayah saya datang dari keluarga Kenya yang terdapat muslim dari generasi ke generasi. Saat masih anak-anak, saya menghabiskan beberapa tahun di Indonesia dan mendengarkan Azan saat subuh dan saat Matahari terbenam," kata Obama.

Tidak cukup sampai disana bangsa ini juga menjadi contoh lain bagi dunia lewat kata-kata indah obama.
"Islam dikenal sebagai tradisi toleransinya. Kami melihatnya dalam sejarah Andalusia dan Cordoba selama inkuisisi. Saya melihatnya langsung saat kecil di Indonesia di mana penganut Kristen bebas beribadah di tengah bangsa yang mayoritas muslim,"

Bahkan yang lebih ekstrim nya obama mengangkat ayat-ayat Al-Quran untuk dijadikan rujukan perdamaian bagi antar umat beragama

"Kitab Suci Alquran mengatakan kepada kita, Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal",tutur obama.

Kemudian dia juga mengambil ayat yang lain, "Kitab Suci Alquran mengajarkan kepada kita baha barang siapa membunuh seseorang yang tak berdosa, maka seakan-akan ia telah membunuh semua manusia; dan Kitab Suci Alquran juga mengajarkan barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan ia telah memelihara kehidupan semua manusia," ujar Obama.

Bangsa mayoritas muslim ini sedang ditatap manis oleh dunia, semua mata mencari ada apa di bangsa indonesia yang bisa menjadi kekuatan baru ketika semuanya terjatuh. Ternyata Indonesia adalah bom waktu yang siap untuk menguasai dunia dengan sebenarnya-benarnya demokrasi, kekuatan ekonomi yang tangguh serta sikap menghargai perbedaan dengan hati.

0 komentar:

Posting Komentar